• Bahasa Indonesia
  • English

Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi

Visi Program Studi Doktor Ilmu Manajemen

“Menghasilkan Program Doktor Manajemen yang menguasai secara filosofis dan teori, mampu mengembangkan ilmu dan keterampilan, menyelesaikan masalah, dan bereputasi internasional di kawasan Asia pada tahun 2024.”

 

Misi Program Studi Doktor Ilmu Manajemen

1.Menyelenggarakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat) berbasis KKNI Level 9,

2.Menyelenggarakan pendidikan doktor yang mampu memecahkan permasalahan bangsa, khususnya terkait dengan penyediaan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menjadi motor penggerak atau inisiator pemecahan masalah di bidang pemasaran dan pengelolaan sumber daya manusia, baik melalui pemahaman teoritis maupun aplikatif yang berbasis green management.

3.Memperluas jaringan kerjasama dalam maupun luar negeri di lingkungan pendidikan tinggi maupun institusi lainnya.

4.Memperoleh sertifikasi dari lembaga akreditasi nasional dan internasional untuk progam yang ditawarkan.

5.Menjadi anggota asosiasi atau lembaga yang bergerak di bidang green managementatau green economic association

6.Membentuk kelompok mahasiswa aktivitas yang berbasis green management

 

Tujuan Program Studi Doktor Ilmu Manajemen

1) Menyelenggarakan program studi yang menghasilkan Doktor Ilmu manajemen yang mampu mengidentifikasi fenomena manajerial yang terjadi melalui penelitian dan analisis ilmiah sehingga menemukan jawaban dari permasalahan, sekaligus mampu mengembangkan ilmu manajemen dengan penemuan teori baru maupun pengembangan teori yang sudah ada. Tujuan ini akan dicapai melalui beberapa cara yaitu:

a) Memperoleh legalitas penyelenggaraan program studi S3 Ilmu Manajemen

b) Mengembangkan kurikulum yang berbasis kompetensi, sehingga peserta didik mampu membaca fenomena            manajerial yang terjadi melalui kemampuan meneliti dan menganalisis sehingga dapat menemukan jawaban dari      permasalahan, sekaligus mengembangkan ilmu manajemen dengan penemuan teori baru maupun pengembangan    teori yang sudah ada.

c) Menjabarkan kurikulum kedalam kelompok mata kuliah dan kegiatan riset yang mendukung kompetensi             tersebut yaitu:

(1) Kelompok Mata Kuliah yang memberikan dasar kemampuan untuk membaca fenomena manajerial meliputi: Filsafat Ilmu serta Teori Ekonomi dan Manajemen.

(2) Kelompok Mata kuliah yang memberikan dasar kemampuan untuk meneliti dan menganalisis meliputi: Metodologi Riset Lanjutan, dan Analisis Multivariat.

(3) Kelompok Mata Kuliah yang memberikan dasar kemampuan untuk pengembangan keahlian masing-masing konsentrasi meliputi: Teori Pemasaran dan Riset Pemasaran Lanjutan (untuk konsentrasi Pemasaran) dan MSDM dan Riset SDM Lanjutan (untuk konsentrasi SDM).

(4) Kegiatan riset sesuai dengan masing-masing pilihan konsentrasi berupa: Pra proposal, Sidang Komisi, Sidang Proposal, Seminar Hasil Penelitian, Ujian Sidang Tertutup, dan Ujian Sidang Terbuka.

2) Menghasilkan doktor yang mampu menganalisis dan mengimplementasi ilmu manajemen untuk pemecahan masalah baik di kalangan industri maupun masyarakat luas secara nasional maupun internasional. Tujuan ini dilaksanakan dengan cara sebagai berikut:

a. Menentukan Permasalahan riset yang diangkat untuk dijadikan penelitian disertasi dengan berbasis pada:

a)  Permasalahan aktual yang muncul di kalangan industry.

b) Kajian teori yang dibutuhkan untuk pemecahan masalah pada saat ini maupun di masa yang akan datang.

c) Pemecahan permasalahan terdahulu secara terus menerus dikembangkan dalam berbagai perspektif sehingga        menghasilkan solusi yang terintegrasi dan komprehensif.

b. Menentukan pemecahan masalah dengan tahapan sebagai berikut:

a) Penetapan metoda analisis dan pengumpulan data

b) Penetapan alat pengumpulan data dan analisis.

c) Melakukan pengolahan data d) Pembuatan intepretasi hasil olahan

e) Penyusunan laporan penelitian.

c. Melakukan publikasi nasional maupun internasional melalui jurnal ilmiah.